Memandangi foto orang tercinta, meredakan rasa sakit

MEMANDANGI foto orang tercinta bisa menjadi sarana pereda rasa sakit yang efektif. Hasil tes yang dilakukan para peneliti dari University of Los Angeles menunjukkan kalau foto pasangan, orangtua atau anak bisa menghadirkan perasaan positif yang cukup kuat untuk menghilangkan sebagian besar rasa ketidaknyamanan pasien. Karena itu, terang peneliti, pasien yang berobat ke rumah sakit sebaiknya membawa foto orang tercinta untuk membantu mereka mengatasi rasa sakit. 

Studi-studi sebelumnya, terang peneliti, telah menunjukkan kalau ditemani oleh orang-orang tercinta atau binatang kesayangan saat berjuang menahan sakit akan membuat pasien semakin kuat dalam bertahan. Tapi dalam studi ini, para peneliti ingin mempelajari apakah hal ini juga berlaku pada foto.

Untuk itu, para peneliti melakukan tes pada 28 perempuan. Mereka diminta menjalani percobaan, termasuk tes sakit akibat panas. Panas disalurkan ke plester yang ditempelkan di lengan partisipan hingga mereka merasa kesakitan.

Pertama, perempuan diminta memegang tangan pasangan mereka yang duduk di belakang tirai, selanjutnya memegang tangan orang asing. Kemudian mereka bergantian melihat foto orang tercinta, foto orang asing, dan memandang huruf ‘X’ yang ditulis di kertas.

Hasil studi menunjukkan kalau foto-foto mempunyai efek yang paling besar. Efeknya bahkan lebih kuat dibandingkan memegang tangan orang tercinta tetapi dengan wajah yang tidak kelihatan.”Saat perempuan tersebut memandangi foto, tanpa berinteraksi dengan pasangan, mereka mengalami pengurangan rasa sakit,” terang peneliti, seperti
dikutip situs dailymail.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s