Ketahui Bagaimana Cara Wanita Memilih Pria

Pernah memiliki teman yang menyukai orang yang Anda sukai juga? Atau justru Anda tiba-tiba merasa tertarik dengan orang yang sahabat Anda kagumi di kelas? Wajar saja. Ternyata, menurut penelitian, begitulah cara perempuan berpikir mengenai pria yang disukai orang lain. Menurut studi yang dilansir oleh Indiana University, wanita memerhatikan pria yang diperhatikan oleh orang lain.

Wanita tak hanya memerhatikan apa pendapat teman-temannya tentang satu sosok pria, bahkan pendapat orang asing sekali pun akan menjadi pertimbangannya dalam menyukai satu sosok pria. Hal ini dinamakan “mencontek pilihan pasangan”, dan ini sering kali terjadi dalam spesies lainnya, terutama ikan dan burung. Dalam sebuah penjelasan, Skylar Place, pimpinan studi ini mengatakan, “Manusia tidak berada dalam satu botol vakum.

Kita memiliki mekanisme yang berevolusi, yang membuat kita mengambil keuntungan dari informasi yang kita dapat dari lingkungan.” Studi ini mengikutsertakan 40 pria dan 40 wanita.Semuanya adalah mahasiswa Indiana University, yang diminta menyaksikan sebuah video tayangan dari interaksi kencan kilat yang berfokus pada sesi beberapa pasang pria dan wanita yang berkencan mini selama beberapa menit. Setelah tayangan dari masing-masing pasangan, para responden diminta mencentang boks yang menyatakan apakah sekiranya mereka mau bertemu lagi dengan orang tadi (yang berlawanan jenis).

Para penulis studi ini mengatakan, kencan-kencan mini ini ternyata merupakan sebuah lakon contoh realistis dari cara perempuan memilih pasangannya. Para responden diminta menilai rating kesuksesan kencan dari masing-masing pasangan, dan para peneliti meneliti bagaimana para partisipan ingin terlibat dalam hubungan romantis bersama individu yang ada di dalamnya.

Para responden pria secara umum menjadi tertarik dengan wanita yang ada di video dan akan bertambah tertarik jika pria yang ada di video juga terlihat tertarik dengan si wanita (apalagi jika si pria dinilai memiliki kualitas menarik juga). Begitu pun yang terjadi pada para responden perempuan yang terlihat lebih tertarik pada seorang pria jika wanita yang ada di dalam video terlihat tertarik (tidak seperti pria). Ketertarikan pada pria pun akan menurun jika wanita yang di video tidak terlihat tertarik dengan pria itu. Oleh karena itu, disimpulkan, pendapat seseorang yang asing bagi wanita pun akan memengaruhi penilaiannya.

Tentu perempuan akan memikirkan pendapat dari apa kata keluarga dan teman-temannya mengenai pasangan yang tepat untuknya. Namun, uniknya, bagi perempuan, sadar atau tidak, pendapat orang asing pun juga memiliki pengaruh. Sumber: nydailynews, Editor: Nadia Felicia, kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s