Jalan Ke Blitar

Blitar, kota perjuangan dimana tempat ini dahulunya pernah menjadi saksi bisu dari masa penjajahan dari luar maupun dalam negri. Dari luar negri sendiri mulai penjajahan belanda hingga jepang dan penjajahan dalam negri dari PKI (partai komunis indonesia) terjadi disini. Kota ini juga tentunya tak asing di telinga kita sebab disinilah mantan atau bahkan masih menjadi orang no.1 negri ini, presiden soekarno dimakamkan.

Jalan-jalan ke Blitar gak sah kalo gak pergi nyekar(ziarah) ke makam bung Karno dan mengunjungi situs-situs sejarah yang disediakan di area makamnya. Mulai dari dokumentasi kegiatan bung karno selama menjadi presiden hingga bersama keluarga besarnya ada disini. Gak boleh ketinggalan kamu juga harus coba pegang lukisan bung karno yang ditaruh khusus oleh pengurus disana. Kenapa? Karena jika kamu pegang tepat dibagian jantungnya maka kamu bakal ngerasa detak jantungnya benar-benar berdetak. Pertama sih aku juga gak percaya, tapi setelah mencobanya langsung, terbukti!…beneran kayak hidup. Iseng-iseng pingin tau, waktu aku tanya langsung sama penjaganya dia bilang itu asli dan bukan rekayasa.

Grebeg PancasilaGrebeg Pancasila

Selesai jalan-jalan pasti kalian lapar, tau aja deh aku,hehe…rekomendasi buat kuliner kudu coba juga makan di warung makan Mak ti. Tempatnya memang agak jauh dari kota tapi bakal terbayar dengan apa yang akan kalian dapat nanti. Terletak di desa Jati Nom, Kanigoro. Melewati jalan pedesaan Blitar yang sejuk nan indah membuat perjalanan jadi gak berasa lama. Namanya juga warung jangan ngarep ada AC atau lantai licin yang sering dipel para pelayannya. Disini kamu benar-benar bakal jadi wong ndeso alias tukul banget. Makan dimeja dan bangku panjang yang lantainya pun masih  semen kasar. Keunikan dari warung ini, kamu bisa pesan makanan sebanyak yang kamu mau dengan harga yang sama. Contoh, mau makan ikan wader harganya 2000 kamu bisa makan sebanyak yang kamu mau dengan harga yang konstan. Menu yang disajikan juga bervariasi dari bermacam-macam ikan seperti jendil,kuthuk, wader dan sayur-sayuran yang dijamin enak dan pedas khas orang jawa.

Rasa penasaran itu penting, bukan sebagai prasangka namun untuk meyakinkan diri kita sendiri. Melihat tempatnya yang jauh dari kota, namun memiliki jumlah tamu yang banyak dan rata-rata memakai mobil plat luar Blitar. Konon wakil presiden kita pak Budiono yang asli orang Blitar juga sering makan disini kalo sedang ada di Bitar, gak hanya beliau tapi Farah Queen juga pernah kesini waktu syuting program makan-makan itu dan masak bareng Mak ti, pemilik warung ini. Menu yang sering disantap disini adalah ikan wader, ikan kali yang gurih dan lezat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selesai menyantap makanan disini aku penasaran sama manajemen warung ini, selain enak dan tentunya memuaskan porsinya warung ini juga sering dikunjungi wisatawan lokal. Waktu ngintip ke belakang tiba-tiba pundakku ditepuk sama seorang mak-mak dan ternyata beliaulah Mak ti itu, pemilik warung(sebelah kiri ku). Langsung beliau mengajakku  ke dapur, aku kaget banget sama yang aku liat, banyak ikan yang seger-seger yang langsung diambil dan diolah disini. Gak ada istilah pengawet, fresh from the oven,hehehe…pengolahannya juga higienis loh, dicuci bersih dan dimasak langsung dihidangkan. Gak salah kalo memang enak-enak.

Sekian perjalanan ke Blitar untuk sesi kali ini, semoga liburan nanti kalian bisa kesini ya jangan ke luar negri terus. Padahal dinegara kita pariwisatanya gak kalah hebat dan negri ini juga memilki nilai sejarah yang kuat. Jadi kalo kalian jalan-jalan ke suatu daerah manapun jangan lupa dan malas buat mengunjungi tempat bersejarahnya serta kuliner khasnya. Selamat berlibur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s