Amankah Anak Menelan Pasta Gigi ?

SAAT gigi pertama muncul, sejak itulah perawatan gigi anak balita dimulai. Caranya adalah dengan mengajarkannyamenyikat gigi. Namun, dalam belajar menyikat gigi, anak balita sering kali menelan pasta gigi. Amankah hal ini?

Pasta gigi untuk anak pada umumnya mengandung bahan-bahan yang aman kalau tertelan. “Fluroide dan bahan-bahan lain biasanya jumlahnya sangat sedikit. Lagi pula sudah ada aturan tentang kadar maksimalnya,” kata drg Arma Sastra Bahar dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Untuk mencegah tertelannya pasta gigi, anak bisa diajarkan cara berkumur yang baik dan mengajarkannya untuk tidak menelan sisa kumur. “Seandainya tertelan pun tidak akan semua, masih aman,” tambah drg Arma.

Yang terpenting adalah menumbuhkan kebiasaan sehat pada anak, yakni menggosok gigi dua kali sehari. Siapkan waktu paling tidak dua menit untuk menyikat gigi. Orangtua bisa membantunya dengan cara menyikat gigi bersama-sama di depan cermin. Jangan lupa berikan pujian saat anak sudah mau menyikat gigi sendiri.

Sumber: www.kompas.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s