Perjalanan 1

Malinau – Tarakan

Setelah 7 bulan bekerja di wilayah utara kaltim, tepatnya di Long Loreh Kecamatan Malinau selatan, akhirnya kaki ini diberikan kesempatan kembali ke kampung halaman di Kutai Kartegara. Perjalanan dari Long Loreh ke Kota Malinau ditempuh m kurang lebih 2 jam, dengan membayar 50 ribu rupiah, sebuah Kijang LGX membawa kami melewati jalan Houling batu bara yang saat itu becek, hancur dan belasan Dump Truck melintang di jalan akibat terjebak macet akibat hujan.

Selama diperjalanan seorang teman sebut saja namanya “Pa Muji” setiap saat bertanya ke saya ” Pak Agus, kira2 sampai Malinajam berapa ya..?”, Saya jawab “santai aja Pak…, Insya Allah nyampe..”. Ada kekhawatiran di hati teman-teman kalau mobil yang kami tumpangi macet ditengah jalan, mengingat tiket pesawat Tujuan Tarakan – Balikpapan – Suarabaya Besok pagi pukul 6:45.

Dalam hati saya juga khawatir.., cuma hal demikian jangan ditunjukkan.. kasian juga teman-teman. Dibuat santai sambil bercanda, sesekali teman yang namanya Pak Kurik kami jadikan objek menghibur diri.

Sampai Kota Malinau Pukul 10.50, langsung menuju pelabuhan Speed Boat  Malinau. Dengan merogoh kocek 180 ribu rupiah, tepat Jam 11 Speed Boat melaju menuju Kota Tarakan, sebuah pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan salah satu pintu gerbang Kalimantan Timur.  sampai di Kota Tarakan sekitar pukul 14:00,langsung menuju Losmen Citra tepat di depan pelabuhan ASDF.  Tarifnya lumayan murah untuk ukuran daerah utara Kaltim, dengan tarif mulai dari 80 ribu sampai 180 Ribu rupiah plus fasilitas AC, TV Cable, Kamar Mandi didalam tentunya.

ada yang menarik hati sesampai di Kota Tarakan, pikiran saya tertuju ke kios yang menjual Produk coklat dari Malaysia. ada pertanyaan kenapa sih setiap ke Tarakan pasti ada yang pesen Produk coklat sebut saja “Ml” Produk ternama dari “NTL”, dan aneka kue coklat yang juga produk Malaysia…?, ternyata memang beda dengan produk negri sendiri, harga murah, rasa lebih gurih.  3 bungkus Coklat bubuk ukuran 1000 gr saya bayar hanya 156 ribu rupiah, Kue coklat aneka model dan jenis total 265 ribu, udah satu dus di packing ama yang punya kios. Wis… oleh2 kanggo ponakan, adik plus tante. Sampe Kamar losmen, ternyata Pak Muji udah duluan borong Kepiting sama udang, dua komoditi laut ini juga terkenal, kepiting kota tarakan dikirim sampai ke Surabaya dan Jakarta. Kalo di Tarakan harganya murah banget, sampe di Surabaya dan Jakarta tentu udah jauh bedanya, apalagi udah berubah merk jadi kepiting asam manis, kepiting saus tiram, udang goreng saus pedas dll… Hal biasa kalo Pak muji borong sampe 20 Kilo. we…weh… bener-bener sayang anak dan istri..

Istirahat sejenak, pukul 17:00 pak muji kembali borong ikan asin khas kota Tarakan, ikannya Tipis2 tapi lupa namanya… yang jelas kalo di goreng wuueeenak macam kerupuk. Pokok e gak habis2 kalo bicarakan oleh2 khas dari kota Tarakan. Istirahat dulu Zzzzzzzzz…zzzzzzzzz Bangun Pukul05 pagi janji Ma angkot ke Bandara Juata..

Tarakan – Balikpapan

Sesampai Bandara Juata tarakan, pukul 5 : 15 masih banyak waktu menikmati pemandangan Bandara Juata, cuci mata nunggu Pramugari  yang masih Fresh lewat heheheh, Check in lantas nyantai di ruang tunggu. Saya perhatikan teman-teman wajahnya sumringah, gembira karena sebentar lagi ketemu Keluarga, ada yang ke Surabaya, Blitar, Malang.. cuma saya  tujuan Balikpapan. Tepat pukul 7:25 pesawat landing di Bandara Sepinggan Balikpapan, pamit sama teman-teman yang Transit. Perut laper akhirnya mampir di kantin Bandara, pesen Cafucino ama Roti Manis… selesai tanya berapa harganya “28 ribu om” kata cewek penjaga. “weh…cuman Cafucino satu cangkir ama Roti Manis…” tapi ya mesti maklum.. ini Kota Balikpapan coy…

dari Balikpapan perjalanan berlanjut ke Kota Tenggarong.. eh iya mampir di HO karena kebetulan Menejer HR Head Office udah jemput, setor muka ke Big bos, cerita ngalor ngidul.  Jam 14:00 janji ma nyonya meneer makan siang di sari Pacific. Terbayar sudah lelah selama perjalanan dari Malinau sampai Balikpapan.

Bersambung……….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s